Kamis, 21 Agustus 2014

Tanaman Obat Penyembuh ""Ajaib"-Campak dan/atau Ruam Kulit

Campak dan/atau Ruam Kulit

Campak adalah suatu penyakit infeksi virus akut yang ditandai dengan demam dan timbulnya bintil-bintil ruam kemerahan yang menyebar di sekitar permukaan kulit disertai peradangan selaput lendir mata dan saluran pernafasan. Lakukan hidroterapi dan pengobatan dengan tanaman obat berikut.  Ini hanya untuk penyakit yang tidak berkomplikasi. Jika tidak ada perubahan selama 4 hari HENTIKAN perawatan dan segera hubungi  dokter.



Hidroterapi
1.       Mandi gosok 3 kali sehari. Ada beberapa cara mandi gosok yang di sesuaikan dengan kondisi pasien.
·         Lap panas
Diberikan kepada pasien demam tinggi namun kulit lengan dan tungkainya dingin.
Sebelum itu tutupi tempat tidur dengan handuk kering sementara setiap bagian sedang dilap. Air yan digunakan harus cukup panas. Cara menggosok dengan lap harus cepat dan agak menekan agar darah terangsang ke permukaan.  Minuman hangat boleh diberikan (sari jeruk hangat)  untuk membuatnya berkeringat. Pisahkan antara lap badan dan lap muka. Urutan lap mulai dari tangan, dada, perut, kaki, dan punggung. Untuk lengan dan tungkai letakan handuk kering di bawahnya.

·         Mandi lap Basah Dingin
Dilakukan bilamana kulit kering dan panas. Boleh masukan bongkahan es ke dalam air untuk pasien yang badanya panas, tetapi jangan membuat pasien kedinginan. Kedinginan dapat membuat suhu badan naik.Kompres dingin pada dahi dan ketiak dapat diberikan sementara lap badan sedang dilakukan. Pisahkan antara lap badan dan lap muka.Urutan lap mulai dari tangan, dada, perut, kaki, dan punggung. Untuk lengan dan tungkai letakan handuk kering di bawahnya. Air jeruk hangat boleh diberikan.

·         Mandi Lap Basah Suam
Diberikan kepada pasien yang gelisah dan sangat tegang disertai demam, efeknya untuk menenagkan pasien. Suhu air adalah 35-35,5*celcius  atau cukup hangat bil diraba oleh siku. Kali ini jangan gosok badan kian kemari. Lap badan dan keringkan secara perlahan. Setelah melap badan boleh gosok punggung dengan alcohol.
        
·         Mandi Lap Basah Asin
Diberikan pada pasien yang tidak aktif dan hampir selalu tidur . Air  garam haruslah sedikit lebih hangat dari pada Mandi Lap Basah Suam. Setengah mangkuk garam ditambahkan pada air mandi. Lap sambil menggosok agak keras.


2.       Berikan kompres dingin terus – menerus pada dahi untuk meringankan  sakit kepala.
3.       Untuk batuk, berikan demah panas pada dada dan punggung, 2 kali sehari. Lihat prosedur pada artikel mengenai mengatasi penyakit asma.
4.       Gosok tepung  kanji untuk menghilangkan gatal-gatal dapat diberikan setiap hari untuk menggantikan mandi gosok.
5.       Lindungi mata dari cahaya yang terlalu terang.

Pengobatan Dengan Tanaman Obat                                                                                                                  ( Catatan : pilih salah satu dalam penggunaan tanaman obat berikut , cuci bersih . Jangan tutup perkakas bila merebus, gunakan alat masak yang tak berkarat atau anti karat seperti alat masak yang terbuat dari tanah, rebus untuk pesediaan satu hari  karna khasiat hanya bermanfaat selama 8-12 jam setelah direbus, disaring sebelum diminum, jangan beri kepada orang yg alergi terhadap tanaman tersebut).

1.       Daun legundi untuk demam ( Vitex Negundo L)
·         Rebus 4 sendok makan daun legundi kering yang dirajang atau 6 sendok makan daun legundi segar yang dirajang dalam 2 gelas air selama 15 menit
Dosis :
Orang dewasa : I magkuk  , setiap 4 jam.
Anak –anak      : ( bayi) 1 sendok makan setiap 4 jam
                            ( 7 – 12 th) ½ mangkuk, setiap 4 jam.

2.       Tepung tapioca/ ubi kayu ( Manihot Esculenta Crantz)
·         Kupas kulitnya dan parut isinya lalu peras sarinya. Tambahkan cukup air untuk satu Loyang mandi bayi dan hangatkan
·         Rendam bayi dalam air tadi selama 10 menit tetapi jangan gosok kulitnya. Tepung boleh digosokan sebagai bedak pada kulit.



( sumber : Hermina de Guzman Ladion, “Tanaman Obat Penyembuh Ajaib” )

Terima kasih telah membaca artikel ini.Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Gbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar