Sabtu, 09 Agustus 2014

Cara Mengoptimalkan Prestasi dan Exsistensi Universitas Terbuka




Mengoptimalkan Universitas Terbuka Sebagai Inovasi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh untuk Indonesia Berprestasi 
oleh : Monica Tiara Arini

  Tidak diragukan lagi dedikasi Universitas Terbuka bagi dunia pendidikan di IndonesiaProses mencerdaskan bangsa atau memberikan pengajaran kepada rakyat Indonesia, bukan hanya terbatas pada rakyat Indonesia yang berada di dalam negeri tetapi Universitas Terbuka juga menjawab tantangan untuk memberikan kesempatan dan pelayanan terbaik kepada rakyat Indonesia yang sedang berada di luar negeri.
Berbagai penghargaan dunia pun telah diraih. Pada tanggal 24 November 2010, Universitas Terbuka telah menerima kembali Quality Certificate dari International Council for Open and Education(ICDE). Sertifikat tersebut menandakan bahwa Universitas Terbuka telah menerapkan sistem penyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak-jauh yang berkualitas dunia dan telah memenuhi standar pelayanan praktik baik pendidikan terbuka dan jarak jauh internasional kepada mahasiswa yang tinggal di seluruh penjuru tanah air. ICDE menyatakan bahwa Universitas Terbuka telah menerapkan sistem PTJJ berkualitas tinggi melebihi standar penyelenggaraan dan penyediaan layanan PTJJ kepada mahasiswa.
Banyak juga UPBJJ yang tersebar di seluruh Indonesia yang telah menerima penghargaan ISO 9001:2008 bidang  Layanan BJJ (Belajar Jarak Jauh), seperti UPBJJ Gorontalo, Batam, Pekanbaru, Smarinda, Jayapura, Kupang, Majene, Palangkaraya, Mataram, Ambon, Ternate, Banjarmasin, dan Banda Aceh (www.ut.ac.id). Ditambah dengan kondisi para alumni yang tersebar di dalam maupun luar negeri yang telah memegang peranan penting dalam pemerintahan. Dari pejabat menteri sampai pejabat teras perusahaan nasional atau swasta.Untuk lebih mengetahui tentang sekilas profil Universitas Terbuka, bisa lihat di link berikut:
                                         http://www.youtube.com/watch?v=Nm1AAkYw9sg

Untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta prestasi Universitas Terbuka di perlukan inovasi demi inovasi. Inovasi adalah harga mati pada zaman super kreatif, super cepat berubah, dan super mengancam. Dibandig negara lain Indonesia sendiri tertinggal dalam hal pendidikan , sehingga sumber daya manusia nya pun belum proposional, dalam hal kualitas maupun kuantitas.

Inovasi seperti apa yang dibutuhkan  dalam dunia pendidikan saat ini?

Inovasi yang dibutuhkan dewasa ini adalah inovasi yang terfokus dan mendasarkan dirinya hanya pada tujuan akhir yaitu memberikan standar kehidupan yang lebih baik bagai semua orang agar keluar dari “ keterbelakangan “, inovasi yang mengesampingkan atau bahkan tidak memperdulikan kepentingan diri sendiri tetapi kepentingan bersama diluar kelompok , Inovasi yang merangkul pelajaran-pelajaran dari berpikir reflektif,      inovasi yang strategis dan realistik.Hal-hal diatas yang harus dimiliki Universitas Terbuka.

“Sehingga dapat kita saksikan bagaimana sebuah Negara  melalui kecerdikan, dengan menggali kekuatan- kekuatan yang tersembunyi menjadi sebuah kekuatan yang membuat dirinya di perhitungakan di seluruh dunia”-Che Guevara-


Berikut merupakan cara-cara dalam mengoptimalkan kinerja dan keberlangsungan Universitas Terbuka
sebagai pemenuhan atas pemikiran – pemikiran yang menurut saya patut dipertimbangkan walaupun banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan.
1.      Kadernisasi
Kaderisasi merupakan sebuah transformasi nilai-nilai dan sebuah proses pengoptimalan potensi-potensi manusia .Jadi, kaderisasi disini identik dengan pendidikan ataupun pembinaan agar menjadi pribadi yang berkarakter utuh.
Kader- kader dituntut untuk memiliki hardskill, softskill dan lifeskill. Hardskill yaitu hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi akademik dan profesi , softskill  yaitu hal-hal terkait kemampuan intrapersonal seseorang yang bisa sangat berguna dalam menjalankan kehidupan sosial. Seperti kemampuan memimpin , bekerjasama (teamwork), berbicara di depan umum, manajemen diri dan waktu , dan lifeskill yaitu berkaitan dengan idealisme seseorang yang akan menjadikan landasan bagi dirinya dalam menjalankan aktifitasnya agar bermanfaat bagi kehidupan sekitar.

Selain memiliki kemampuan – kemampuan diatas, kadernisani harus bertujuan untuk membentuk kembali moral para kader agar mau berkomitmen utuh dalam melakukan segala
kegiatan guna mewujudkan generasi Indonesia yang berprestasi. Kadernisasi ini dapat diwujdukan dalam berbagai latihan kepemimpinan dan kegiatan lainnya yang ditujukan bagi para pihak – pihak terkait di Universitas Terbuka tersebut dan juga dapat ditujukan bagi para mahasiswa/i nya.

2.Survey yang dilakukan untuk melihat daerah- daerah yang berpotensi dimasuki Universitas Terbuka 

3.     Pemberian penunjang (computer ,perangkatnya dan akses internet)  “ tepat sasaran ”

Untuk meningkatkan kualitas SDM di seluruh daerah di Indonesia Universitas Terbuka bekerja sama dengan pemerintah dan pihak swasta , kongkritnya langsung saya utarakan yaitu, memberikan bantuan berupa computer dan perangkat penunjang lainya kepada daerah-daerah yang notabene sudah memperoleh akses pendidikan ( minimal sampai pada jenjang sma) ,tetapi kurang tersentuh kemajuan teknologi. Ini dapat mempermudah akses kepada Universitas Terbuka dengan mempertimbangkan kan bahwa tentu saja daerah – daerah tersebut tidak mempunyai untiversitas lain atau yang setara dengan itu , dan dengan tujuan memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka.

Pemberian sarana dan prasarana tersebut tidak dengan cepat memberikan hasil, tetapi dari 1 atau 2 tahun pembiasaan terhadap aplikasi- aplikasi computer , perangkat- perangkatnya serta internet tentu saja mempermudah mengenal UT selain dari pelbagai sosialisasi yang diberikan.

Berikutnya dibutuhkan tenaga- tenaga kerja baik pengajar maupun teknisi ( computer , perangkat, dan internet ) yang loyal dari hasil kadernisasi yang mau mengabdi sungguh – sungguh bagi daerah tersebut. Pengajar bertugas membimbing orang-orang tersebut dalam mengenal computer, perangkat, aplikasi dan internet ( mengajarkan tentang e-mail, search engine , dll)  maka seturut dengan hal tersebut mereka dapat dengan sendirinya mengenal media social lainnya yang berguna bagi mereka dan menguntungkan pula untuk Universitas Terbuka tergantung pengarahan dari pihak – pihak yang terkait untuk kelangsungan UT sendiri.

Saran: Universitas Terbuka dapat bekerja sama dengan perusahaan Swasta seperti Telkomsel, mengingat mereka mempunyai gerakan “Indonesia Genggam Internet”.

4.      Tujuan jangka panjang
Agar Universitas Terbuka tetap eksis di butuhkan penerus-penerus yang akan memperjuangkan dan mempertahankan UT, maka dari itu bukan hanya pengajar dan teknisi yang di berikan kaderninsasi sekali lagi tetapi juga para mahasiswa/i agar generasi Indonesia bukan hanya berprestasi tetapi mempunyai moral tinggi. 
Pesan: Gunakan seluruh kemampuan dan hasrat untuk membuat banyak orang berhutang budi ciptakan pressure yang positif , tapi jangan sekali- kali kita mengharapkan balas jasa ,ini dapat terjadi jika kita dapat menjaga kepercayaan yang diberikan walau sekecil apapun. Dengan begitu tujuan jangka panjang yang mulia dapat terus terjaga dan terpelihara bukan hanya di generasi sekarang ini tetapi generasi yang akan datang.

Banyak ragam inovasi kreatif dalam dunia pendidikan yang ditawarkan baik dalam negri maupun luar negeri dengan melihat kemajuan sekarang ini, tetapi yang terpenting adalah bagaimana merealisasikannya dalam dunia pendidikan. Dibutuhkan keseriusan dan kesiapan baik finansial maupun mental dengan menitikberatkan pada komitmen untuk mengabdi oleh pihak – pihak terkait.



Penulis : Monica Tiara Arini
hp        :081257497279
email    : kebingungan.lols@gmail.com
link blog: sinarkebangkitan.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar